Jumat, 27 November 2009

Listrik Sering Padam??? Harganya kok Dinaikkan!! Mengapa???


Black Community Bicara Soal Listrik Mulai tahun depan, pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) harus siap - siap merogoh kocek lebih dalam lagi untuk membayar biaya listrik bulanan.

Soalnya, pemerintah sudah berancang-ancang akan menaikkan tarif dasar listrik alias TDL di 2010 nanti sekitar 5 persen, Kebijakan kenaikan TDL dan margin untuk PLN, merupakan upaya pemerintah untuk menekan anggaran subsidi listrik, yang tahun depan dipatok sebesar Rp 37,8 triliun. Upaya lainnya, yakni penerapan TDL sesuai harga keekonomian secara otomatis untuk pemakaian setrum melebihi 50 persen konsumsi rata-rata nasional tahun lalu bagi pelanggan dengan daya di atas 6.600 volt ampere (VA). Lalu, penerapan kebijakan tarif yang bertujuan untuk mendorong penghematan listrik dan pelayanan khusus yang selama ini sudah dilakukan, tetap diberlakukan.

Yang jelas, tarif setrum sudah tidak pernah naik lagi sejak 2003 lalu.Cuma, sumber KONTAN di pemerintahan membisikkan, tahun depan tarif dasar listrik bakal naik rata-rata sebesar 23 persen. “Kenaikan tarif tersebut akan menurunkan subsidi listrik di 2010 sebesar Rp 25 triliun,” ada empat skenario kenaikan TDL yang berkisar 20 persen-30 persen, tergantung golongan. Contohnya, pelanggan rumah tangga kecil naik kurang dari 20 persen, golongan bisnis dan industri di atas 20 persen. Dari kacamata PLN, kenaikan tarif dan margin berguna untuk meyakinkan para pemberi pinjaman, semacam Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia (ADB). Selain itu, kebijakan tarif juga bisa memangkas kekurangan pendanaan untuk investasi tahun depan hingga Rp 2,9 triliun, yakni dari awalnya mencapai Rp 13,1 triliun menjadi hanya Rp 10,2 triliun.

dengan adanya hal itu Djarum Black harusnya perlu adanya pembenahan dari perusahaan dalam hal ini PLN yang mengelolanya.....jangan hanya menaikkan TDL tetapi pelayanannya tetep sama seperti sekarang ini sering ada pemadaman dan tiu sering terjadi tidak 1 , 2... kali tapi berkali2 pasti kita yakin itu sudah difikirkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar