Selasa, 12 Mei 2009

Kesalahan utama yang biasa terjadi bagi yang mau terjun kedunia bisnis

Blackinnovationawards

Jika saat ini anda masih berstatus karyawan, dan ingin memulai bisnis anda sendiri, atau anda yang sudah merencanakan memulai bisnis tapi hanya rencana saja dan hanya jalan ditempat. Anda perlu tahu apa saja yang salah dan apa yang harus dihindari agar rencana tidak hanya ada di buku kerja anda.

Mengapa banyak yang tidak berani memulaibisnisnya. maju mundur, sudah jalan mundur lagi, sudah maju mundur lagi.

Saya mencoba membedah kasus teman saya, Ada salah satu teman saya yang sampai detik ini masih terus menjadi orang suruhan (karyawan). Padahal kalau ada seminar dia orang pertama yang mendaftar, kalau ada buku bisnis/marketing bagus, dia yang pertama beli, forum dan mailing list kayaknya hampir semuanya bergabung. Tapi mengapa beliau tidak beranjak dari posisinya sekarang.
saya coba kupas kasus teman saya ini. Siapa tahu juga terjadi dengan teman-teman yang akan meloncat kuadran lain. Apa sajakah itu??

  1. Terlalu banyak belajar, belajar kebanyakan itu berbahaya untuk bisnis anda. Loh kok bisa?, bukannya banyak belajar jadi ilmunya bertambah. Betul sekali, itu kalau cita-cita anda jadi Ilmuwan, konsultan ataupun ahliwan (maksudnya pekerja profesi). Ingat disini anda . Sebuah ilmu yang tidak akan jalan kalau hanya belajar, belajar dan belajar. Anda butuh suatu ACTION atau TINDAKAN. Informasi tentang sukses yang terlalu banyak ke otak anda akan menyebabkan otak anda kebanjiran informasi. Ingatlah orang sukses mempunyai cara sendiri untuk bisa menjadi sukses. Ada orang sukses yang bilang kalau mau bisnis cepat maju ya butuh uang yang banyak, kalau gak punya ya ngutang aja. Tapi ada juga yang bilang jalan aja dari apa yang anda punya, jangan bebankan Bisnis baru anda dengan beban membayar cicilan utang. Teori sukses yang kadang berseberangan. Belum puas dengan teori-teori tersebut anda cari lagi mentor. Dan mempelajari teori barunya.
  2. Terlalu perfect. teman saya orangnya perfectionis (selalu ingin sempurna), selalu ada jawaban (ngeles) kalau mau melangkah. Modalnya kurang nih, bisnis kan butuh modal. Rencanaku belum mateng nih, takut nggak laku. Sifat perfectionis sangat berbahaya jika anda adalah orang yang baru melangkah bisnis. Anda selalu akan merasa ada yang kurang dengan persiapan bisnis anda. Konsep Otak Kanannya pak Purdie E chandra, owner primagama adalah Memulai bisnis itu seperti masuk kamar mandi”. ya “just do it” aja kayak slogannya sepatu Nike. Kalau lupa bawa handuk ya keluar dulu ngambil handuk. Kurang sabun ya ambil sabun, cuma awas ngambil sabun dan handuknya jangan lupa pake celana ya :). Jadi proses pembelajaran mental pebisnis itu “learning by doing”, belajar sambil jalan.
  3. Terlalu banyak tahu, Akibat dari sifat perfectionis dan terlalu banyak belajar akan menyebabkan anda banyak tahu. teman saya itu saya akui mirip kamus atau dictionary atau wikipedia berjalan. Tanya apa aja tahu. Kalau mental anda tidak siap, otak bawah sadar anda akan banyak lari ke negatif thingking. Semakin anda tahu semakin banyak resiko yang akan anda tahu. Semakin banyak pula alasan untuk menunda rencana anda.
  4. Sukanya berkhayal tapi tidak bangun-bangun, banyak berhayal jadi berbahaya kalau anda terlalu menikmati khayalan anda. Mimpi perlu untuk men”triger” jiwa anda. Mimpi adalah blue print perjalanan kita, tapi kalau berhayal saja ya anda hanya sukses di khayalan saja.
  5. Kebanyakan teori, Jika saat ini anda banyak bergabung di komunitas-komunitas entrepreneur baik offline maupun online. HATI-HATI..!!! jika anda keasikan berdiskusi. keasikan cari teman. keasikan ngobrol. Memang berdiskusi cari teman dan cari relasi itu penting, Tapi anda harus hitung banyakan mana nih, jalan-jalannya atau jalan bisnisnya. Teori Bisnis sudah memenuhi otak anda. Anda terlena dan terbuai dengan kisah-kisah sukses para mentor. Dan hanya bergumam seandainya, seandainya dan seandainya.

Analisa diatas adalah analisa pribadi saya, dari semua sifat-sifat jelek itu harus anda singkirkan jika anda mau terjun di dunia bisnis. Entah itu anda mau bisnis online ataupun bisnis Offline.

Mungkin teman-teman mau menambahkan sifat-sifat yang harus dihindari jika mau memulai bisnis. Saya tunggu komentarnya agar semakin banyak pengusaha-pengusaha tangguh yang muncul di Indonesia ini.

Black In News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar